Monday, 17 December 2012

The Power of Social Media





Social media seakan menjadi hal “wajib” bagi manusia modern saat ini. Facebook dan twitter adalah social media yang bisa dibilang paling tenar di Indonesia. Bayangin aja, data saat ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah pengguna twitter terbesar kelima di dunia dan pengguna facebook terbesar ketiga di dunia. WOW! Makanya, ngga heran kalo Indonesia sering banget masuk dalam TT (Trending Topic), bahkan TTWW (Trending Topic World Wide).

Oke, mengacu kepada fakta ini, ayo masuk ke topik utama yang ini dibahas, yaitu The Power of Social Media. Yuph! Jangan pernah main-main dengan social media. Sebagai contoh, pas baca timeline pagi ini, gue ngakak banget pas baca lagu “Die Young” yang dipopulerkan oleh Kesha diputar di sebuah ruang tunggu di RS. Tentu aja itu membuat semangat hidup pasien meredup. Yang baca? Tentu aja followernya, belum lagi follower gue karena gue RT.

Kalau seseorang kecewa dan kesal dengan pelayanan sebuah brand, dia bisa saja menumpahkan kekesalannya di twitter dan facebook. Yang baca? Lumayan, kalau follower di twitter dan friends di fb banyak. Akibatnya? Bisa massive juga, karena seseorang cenderung untuk lebih percaya cerita dari pengalaman temannya itu dibandingkan iklan brand tersebut.

Dampak lain? Bisa tenar. Ya, tenar. Coba tengok beberapa akun yang sangat amat tenar, di twitter contohnya. Tenarnya macam-macam, ada yang karena isi tweet-nya bagus, ada yang karena isi tweet-nya fenomenal, bahkan ada yang karena isinya kuis semua. Pemiliknya bahkan bisa menjadi artis dadakan. Wow! Di FB juga sama, ada banyak hal yang membuat sebuah FB terkenal, dari isinya yang nyeleneh, fotonya yang oke, bahkan karena teror-meneror di FB hingga berujung ke kasus hukum.

Kesimpulannya, semua orang kini bisa menumpahkan segala unek-uneknya dengan begitu mudahnya melalui social media. Dampaknya juga besar, bahkan bisa luar biasa. Pengaruh social media yang besar ini tentu aja harus bisa disikapi dengan baik. Oleh karena itu, yuk kita belajar bijak dalam menggunakan social media.

No comments: