Saturday 18 February 2012

Panduan Menggunakan Softlens dengan Benar




Hai fellas! Sebagai pengguna softlens sejak 7 tahun terakhir, saya ingin membagikan tips menggunakan softlens dengan benar. Semoga tips ini bermanfaat, khususnya bagi mereka yang berencana menggunakan softlens maupun bagi mereka yang belum lama menggunakan softlens. Berikut tips-nya:
  1. Softlens lebih baik tidak digunakan seharian penuh. Penggunaan kacamata tetap lebih baik karena softlens menempel langsung ke mata, sedangkan kacamata tidak. 
  2. Sebelum pergi dan membeli softlens ke optic, mata harus di-“bebastugaskan” dari penggunaan kacamata setidaknya selama 30 menit terakhir. Lebih baik sejak bangun tidur tidak menggunakan kacatamata atau softlens supaya proses pengukuran dan penetapan minus softlens dapat dilakukan dengan akurat. 
  3. Perhatikan tanggal kadaluwarsa softlens. Hal ini sangat penting. 
  4. Apabila kamu jarang menggunakan softlens, ada baiknya membeli softlens harian. Hal ini didasari oleh pengalaman seorang teman yang membeli softlens untuk periode 3 bulan namun hanya dipakai sesekali saja. Katanya makin lama makin tidak nyaman untuk digunakan. 
  5. Perhatikan kadar oksigen. Ini sangat penting. Untuk pemula, saya sarankan menggunakan softlens dengan kadar oksigen yang tinggi, seperti Ac*vue. 
  6. Cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun bayi. Sabun bayi adalah produk paling tepat untuk mencuci tangan sebelum menggunakan softlens. Hindari penggunaan sabun lainnya.  
  7. Cara mencuci softlens yang benar adalah dengan mengusapkan jari telunjuk ke softlens ke dua arah saja. Lalu balik softlens dan lakukan hal yang sama.
  8. Warna softlens yang terlihat bagus belum tentu cocok di mata kita. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mencobanya langsung di mata. 
  9. Hati-hati dalam mencoba softlens di optic. Saya seringkali menemukan softlens sample (untuk dicoba warnanya ke mata kita) di dalam tempat softlens dengan air yang kotor. Mintalah air softlens kepada petugas untuk mencucinya sebelum dicoba ke mata kita. 
  10. Air softlens rata-rata tahan selama 1 ½ bulan saja. Jadi perhatikanlah hal ini. Untuk mengingatnya, tempelkan label di botol tersebut dan tuliskan kapan kamu membuka dan kapan terakhir kali boleh digunakan. 
  11. Softlens memiliki masa pemakaiannya masing-masing, dari harian, bulanan, hingga tahunan. Meskipun softlens dapat bertahan melebihi batas penggunaannya, softlens tetap harus digunakan sesuai masa pemakaiannya saja. Jangan lebih. 
  12. Bawa air softlens kemanapun kamu pergi. Hal ini penting untuk berjaga-jaga apabila mata tiba-tiba kering dan menjadi  iritasi karena beberapa faktor seperti debu dan AC. 
  13. Pengguna softlens sangat dilarang untuk memelihara kuku di telunjuk dan jempol tangan kanan karena kedua jari ini digunakan untuk mencopot dan memasang softlens ke mata. Saya pernah mendengar kisah nyata dari teman say abahwa saudaranya mengabaikan aturan ini sehingga kukunya melukai matanya hingga harus dioperasi. 
  14. Softlens harus direndam minimal selama 4 jam per malam. Apabila softlens yang digunakan tiba-tiba terasa tidak nyaman, itu tandanya mata kamu butuh istirahat dari softlens.
  15. Hindari menangis karena akan membuat mata terasa kering dan hindari api dari jarak dekat mengingat bahan softlens yang bisa mencair kalau terkena panas api dari jarak dekat.

    Sekian tips dari saya. Semoga bermanfaat :)

    23 comments:

    Andre Leonardo Judah said...

    Baru tau ternyata beberapa point sering dilanggar hahaha :)) (dulu pas lagi nyetir sendirian softlens masuk ke dalam kelopak mata disamping gitu perih banget kesalahan dulu nekat mata kering seharian kena AC di mobil ngarahin AC ke muka) >.<

    Pelajaran bermakna untung ngga kecelakaan gara2 mata susah ngeliat :D

    ternyata mata kita kalau cape bikin ngga nyaman yah.. kirain krn tangan kotor pantes udah di sabunin tangan sampe pake sabun cuci piring s*nlight tetep ngga enak makenya (beneran dicobain waktu itu pake sabun cuci piring maksudnya biar tangan keset)

    Felicia Fey said...

    Iya, gue jg pernah cuci tangan pake s8nlight, biar keset dan ebrsih, tapi malah jadi perih di mata. Hahaha... Ati2 aja sama AC, debu, air mata, dan api, berbahaya :D

    Anonymous said...

    kalau ngga dipake apa juga harus direndam trus? katanya maksimal perendaman maksimal semalaman?

    Felicia Fey said...

    Tidak apa-apa direndam. Kalau tidak direndam, softlesn akan mengeras dan tidak dapat digunakan. Apabila softlens tidak digunakan setiap hari, lebih baik membeli softlens harian, yang harus dibuang jika sudah dipakai seharian :)

    nami said...

    softlensku masa kadaluarsanya sampai 3 tahun, nggak kelamaan ya? ngerawatnya apakah sama kaya ngrawat softlens harian atau bulanan? thank u :)

    Terry Ting Ting | Ayu Ting Ting said...

    Hallo kak...
    Direndem pake air apa kak yg bagus,,,
    terus cara penyimpanan dan di ganti air waktu rendam itu gmna ya kak...??

    Felicia Fey said...

    Halo Nami, hmmm kalo masa kadaluarsa memang lama, cuma kalau masa penggunaan memangnya ada yg 3 tahun yaa? *barutau* :D
    Biasanya yang lama masa pemakaiannya itu sekitar 1 tahun, cuma aku sarankan lebih baik menggunakan softlens dengan masa pemakaian 1 bulan atau 3 bulan.
    Untuk cara perawatan sama aja kok :)

    Halo Terry, untuk perendaman tentu harus menggunakan softlens cleanser. Beda merk, beda juga kenyamanannya. Tiap malam harus diganti airnya, tempat softlens juga hrs steril. Softlens membutuhkan waktu setidaknya 4 jam setiap malam untuk direndam, semakin lama semakin bagus dan nyaman untuk digunakan. Sekian, semoga membantu ya :)

    Zena said...

    kalo misalnya pengen coba" pake softlens,jadi males juga beli yang harian..
    pengen beli yg bisa bertahan 6 bulan gt,kira" perlu dicuci tiap hari juga ga y?

    Zena said...

    kalo misalnya pengen coba" pake softlens,jadi males juga beli yang harian..
    pengen beli yg bisa bertahan 6 bulan gt,kira" perlu dicuci tiap hari juga ga y?

    Felicia Fey said...

    Halo Zena,

    Softlens dengan masa pemakaian mingguan, bulanan, 3 bulanan, setengah tahun, atau bahkan tahunan tetap harus dicuci setiap hari. Softlens yang kita gunakan harus steril supaya nyaman digunakan dan tidak membuat mata iritasi :)

    Unknown said...

    q kan pengen pake softlens ya, cuma q kerja selalu di depan komputer dan d ruangan ber-AC, sampe di rumahpun terkadang q sering ketiduran gitu,, aman ga sih pake softlens pas qt ketiduran,,? ada ga yang softlens khusus yang bisa dipake meski kita tertidur?

    sherina said...

    terimakasih mba informasinya....

    Unknown said...

    Aqu mw tnya..aqu bru beli softlens krna yang lama udah abis masa periode'y..tapi yang bru aqu beli ini ko gak nyaman dipake ya..soflens'y gak ikutin mata qt..klo aqu ngelirik kekanan ato kekiri,,keatas ato kebawah..softlens'y gak ngikutin bola mata..jd stiap kali selalu kaya kelilipan,,klo saya pake soflens yang lama masih nyaman aja..cuma saya gak brani pake yang lama soal'y itu udah 3tahun saya beli'y..kenapa ya mba..hehe

    Anonymous said...

    hallo ci felicia,

    aku mau tnya ni, aku kn baru beli softlens untuk mata normal yg masa pakainya 3bln ci. aku gk pakai tiap hari karna aku sering ketiduran d bus. Aku cmn pke hari sbtu sma minggu aj ci. 1 Minggu prtma itu aku lupa untuk cuci softlens tiap hari ci alhasil pas hri sbtu mau aku pke itu softlensnya jadi perih bgt ci, kena bola mata dkit aj itu ud perih bgt ci. Lalu aku tnya tmen ku, tmn ku blg krna softlensnya gk d cuci tiap hari. Lalu dia blg spy cuci softlensnya dlu pkai air anget spya kumannya mati, trus baru d cuci lagi pakai aqua softnya. Stlh dcuci sih aku coba rendem lgi soft lens nya, trus bbrp jam kmudian aku pke lgi, agakperih tp lama” perihnya ilang, trus minggunya aku pke lgi th ud gk perih lgi. Nah pas hari senin itu aku cuci softlens ku lalu ak coba pke perih ato gk gtu ci, trnyta rada perih dikit, hari selasanya aku cuci lgi dan trnyta perihnya mala nambah ci.

    Itu karna aku yg kurang bersih cucinya ato gmn ya ci? Ap krna softlensnya gk aku pkai tiap hari? Mohon bantuannya ya ci. thanks :)

    Anonymous said...

    Ok gan. Keren tuh infonya. Saya juga menemukan online shop baru yang menjual softlens online x2 dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim.
    Buruan..

    softlens said...

    wah terimakasih untuk infonya ya, jadi makin tambah ilmunya hehehhe
    sukses terus ya

    Soflen said...

    wah terimakasih ya untuk infonya,
    sukses terus yaa

    softlens said...

    oh jadi ternyata begitu ya panduan menggunakan softlens, ok terimakasih ya sis sudah mau berbagi dan sharing informasinya, sering-sering bagi-bagi tipsnya lagi ya

    Anonymous said...

    Halo mba felicia,aku mo nanya nih aku bru beli softlens utk jangka 3 bln tp gamau dipake tiap hr.smlm bru direndam dr jm 12 mlm pake cairan khusus utk softlens gitu,di petunjuknya min.6 jam.tp bingung stlh direndam 6 jm itu kt lgsung ganti airnya trs rendam ulang softlens ato buang airnya+bersihin tmpt softlens&letakkan/simpan softlens ditmpt perendam yg sdh kering&dibersihkan?Mohon solusi yg sjelas2nya ya mba..thank you :)

    Unknown said...

    Kak, maksudnya softlens direndam minimal 4 jam itu gmn sih? Tolong jelasin ya:(

    Unknown said...

    Sy mau tnya, klo lagi pke soflens trus kita nangis, gmna??

    Anonymous said...

    Kalau baru dibeli, harus direndam tidak ya? Atau bisa langsung dipakai?

    Unknown said...

    Kak , sya belum prnah sama sekali pakai soflens dan sya kepengin coba pakai soflens. Cara memilih soflens yg bagus,baik dan benar itu seperti gmana yah? Dan kebetulan mata sya normal nggak minus😊. Sebelumnya trimakasih ,tolong di jawab yah kak, please!!πŸ™πŸ™