Friday 7 December 2012

Graduation 2012 – Master Degree



Tanggal 5 Desember 2012 merupakan hari bersejarah bagiku. Yes, I’m graduated once again. Praise The Lord! ^^

Awalnya aku sudah ngga excited lagi untuk ikut wisuda, karena sudah pernah merasakan waktu wisuda S1 tahun lalu. Ditambah, uangnya lumayan besar, bisa digunakan untuk hal lain seperti membeli gadget baru. Apa mau dikata, pihak kampus tetap mewajibkan untuk membayar meskipun kita tidak ikut wisuda. Selain itu, keluargaku excited supaya aku mengikuti proses wisuda sekali lagi.

Wisuda kali ini dilalui tanpa persiapan berarti. Kebaya seadanya aja (ngga kayak dulu muter2 dari satu salon ke salon lain), aksesoris, sepatu, dan tas juga tidak disiapkan dengan baik, bahkan H-1 aku masih menikmati pekerjaan hingga larut malam. Ahahaha..

Pas mau naik ke atas panggung, perasaan masih biasa saja, hanya pas naik ke atas panggung, hatiku deg-degan juga. Turun dari panggung, perasaan deg-degan hilang lagi. Cukup sedih juga karena prosesinya menyedihkan, ditambah kedua adik dan sang pacar tidak bisa hadir.. Meskipun demikian, mengikuti proses wisuda kali ini cukup menyenangkan, karena kurasa, ini bisa jadi terakhir kalinya aku menggunakan toga dan diwisuda.

Gelar merupakan sebuah sebuah ketekunan dan hasil belajar keras yang berbuah kehormatan dan penghargaan. Namun, di sisi lain, gelar menjadi sebuah beban dan tantangan bagi penyandangnya, dimana banyak orang disana yang tidak suka sama kita mulai menilai kita dari titik ini. Kelak jadi apa kita suatu saat nanti. Bagaimanapun, aku bersyukur atas pencapaianku hari ini dan hidupku tidak ditentukan oleh penilaian orang lain. Thank You God :)

No comments: