Sunday 30 December 2012

Yang Wajib Ada Bagi Orang yang Baru Nge-Kos


Hai, fellas! Buat kalian yang ngga pernah ngekos dan akan jadi anak kos, nih gue kasih panduan kilat tentang apa aja yang wajib ada. Langsung aja ke TKP bro n sis:

1. Duit
“Ya elah, gue juga tau anak kos butuh duit, semua juga butuh kali” -> ane faham betul kalo ente bisa ngomong gini. Yang gue maksud disini adalah, duit yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan perencanaan yang baik. Caranya? Ya dengan merencanakan dan menargetkan berapa banyak uang maksiimum yang boleh dipake dalam sebulan, uda dipotong sama biaya kos dan transport sehari-hari. Maklumlah, kalo tinggal sama orang tua, semua-semuanya uda disediain, kalo nge-kos, mau ngga mau urus sendiri.

2. Daftar Makanan
Anak kos emank identik dengan makan apa adanya di luar sana. Makanya penting banget buat tau di sekitar kita jualan apa, harganya berapa, bersih dan sehat ngga (janga2 kotor dan beracun). Untuk satu bulan pertama, sering-sering deh cari tau tentang hal ini, jangan sampe hampir tiap hari makannya itu-itu mulu.

3. Stok Air Mineral
Nah, gue saranin kalian beli air mineral galonan. Terus jangan lupa dispenser atau pompa airnya. Penting banget tuh. Jangan beli air kemasan 1 liter. Jauh lebih hemat beli air galonan.

4. Indomie
Ini dia sahabat setia anak kos. Yup, INDOMIE. Kalo lapar datang pas tengah malam biasanya kalian tinggal buka kulkas, atau buka tudung saji di meja makan, tiba-tiba *cring* aneka makanan ada, sekarang beda banget. Makanya, indomie ini biasanya selalu stand by di lemari anak kos, buat jaga-jaga kalo malam-malam lapar. Ironisnya, Indomie kadang jadi penyelamat hidup anak kos yang kebablasan dalam mengatur pengeluaran, belum akhir bulan duit kos uda tipis. Kalo kata pepatah anak sekarang, duit cuma lewat doank di dompet, ampasnya aja ga berasa. Makanya, Indomie jadi penyelamat di masa-masa krisis kayak gini *ironis*.

5. Teman-Teman Kos
Sebagai anak kos baru, emank penting untuk kenal anak kos yang tinggal serumah. Ngga semua anak kos itu asik lho, banyak juga yang reseh. Nah, kamu tinggal cari tau siapa sih yang kira-kira nyaman untuk diajak berteman. Asiknya, kita bisa ketawa-ketawa bareng, cari makan bareng, curhat-curhatan, jalan bareng, kalo ada yang reseh dihadapin bareng-bareng, kalo ada info dan gosip seputar kosan itu kita jadi tau. Bersosialisasi dan beradaptasi memang penting, bung.


Uda ah, itu dulu aja tips kali ini. Kalo hal-hal lain kayak stok baju dan daleman, perlengkapan mandi, sampai sarung bantal pasti uda pada “ngeh” lah ya. Kalo ada info tambahan, monggo ditulis dalam kolom komentar yang uda disediakan.

1 comment:

Felicia Fey said...

Iya, aku ninggalin komentar di blog kamu yaa :)