Thursday 27 December 2012

Yang Biasa Dijadiin Resolusi Tahun Baru

Source: www.female.kompas.com

Tahun baru segera datang. Ini dia saat dimana orang-orang merenungkan apa yang uda diperbuat dan dicapai selama satu tahun terakhir. Ada resolusi yang 100% tercapai, ada yang tercapai tapi ngga 100%, ada juga yang gigit jari karena sadar ada butir resolusi yang ternyata ngga tercapai sama sekali. Menjelang tahun baru, inilah saat dimana orang berbondong-bondong nyusun resolusi buat tahun depan. Ada yang niat ngelanjutin resolusi yang belum tercapai, ada juga yang nyusun resolusi baru. Ini dia butir resolusi yang biasa dibuat orang:

1. Kualitas Hidup yang Lebih Baik
Kualitas hidup yang dimaksud disini adalah rasa bahagia yang ada. Semua berharap di tahun mendatang semuanya menjadi baik, seperti hubungan dengan orang-orang tersayang, keuangan, masa depan, dll.

2. Tabungan
Saat lagi galau introspeksi diri apa yang uda dicapai, dan apa yang ingin dicapai, biasanya orang mulai sadar kalo perencanaan masa depan itu penting. Ujung-ujungya, kepikiran deh buat nabung. Sayangnya, komitmen buat rajin nabung ini Cuma jadi titik awal, ga sedikit yang lama-kelamaan lupa sama komitmen ini. Namanya juga usaha, yuk latihan nabung.

3. New Goal
Rasanya wajar banget buat nentuin tujuan apa yang mau dicapai dalam kurun waktu setahun kedepan. Ini namanya manusia yang hidup penuh tujuan dan ambisi. Tujuan yang dimaksud bisa macam-macam dan penting banget buat ditargetin. Contohnya aja nih, target punya pacar, target menikah, target kelarin skripsi, target beli gadget/rumah/mobil baru. Nah, poin di bawah ini bakal ngejelasin cara menapai target kamu.

4. Meningkatkan Kualitas Diri Sendiri
Yup, meningkatkan kualitas diri sendiri, baik yang kelihatan maupun yang ngga kelihatan langsung (bukan setan laho, maksudnya apa yang ada di dalam diri kamu). Contohnya aja nih, ada seorang cewe (sebut aja Jumiten) yang lagi introspeksi diri di akhir tahun ini sambil nyusun resolusi tahun depan. Dia nyadar, umur nambah tapi uda beberapa tahun dia jomblo. Boro-boro pacaran, seringkali Jumiten ngerasa dijauhi sebelum proses pedekate terjadi. Bukan, bukan salah ibu mengandung *ehem, back to the topic*. Maksudnya, perlu ditelisik lebih jauh kenapa itu terjadi sama dia. Ngga sengaja, Jumiten ngeliat 1 iklan di TV yang membuat dia ngerasa “jleb” sekaligus ngebuka mata dia. Yup, iklan itu emang nusuk hati dia, tapi iklan itu ngebuat dia sadar kalo dia perlu meningkatkan kualitas diri dia. Dari situ, Jumiten sadar kalo dia perlu untuk bergaul lebih luas, terbuka dan ngga kuper, nyalon buat modelin rambutnya kayak artis-artis kece, belajar make up, belajar dandan, bersikap feminin, kalo duduk ngga kayak lagi duduk di warteg yang sesuka dia duduknya. Mirip kayak pepatah “A single step will lead you to your goal”. Namanya juga usaha :D

Sekian tulisan tentang resolusi ini dibuat. Kalo ada yang mau nambahin, feel free aja buat nulis di kolom komentar. Matur nuhun.

No comments: