Thursday 28 October 2010

Indonesia Menangis, Let's #prayforindonesia





Saat ini gue lagi ngejalanin program internship (magang) gue. Job desk gue lebih kepada media monitoring, dimana gue harus me-monitor berita-berita seputar bidang perusahaan gue di berbagai media. Di hari biasa koran yang harus gue monitor jumlahnya antara 20-22 koran. Khusus hari Senin, ada sekitar 60 koran yang harus dimonitor karena menumpuk dari hari Jumat sore hingga hari Senin itu sendiri.


Oktober kelabu.


Mungkin itu kesimpulan yang gue ambil dari aktivitas gue. Indonesia dibuat menangis dan menjerit atas musibah yang datang bertubi-tubi. Dari banjir di Wasior, gempa dan tsunami di Mentawai, hingga merapi di Klaten. Itu pun belum ditambah dengan banjir Senin (25/10) lalu yang membuat banyak orang frustasi dan tanggapan-tanggapan wakil rakyat yang menurut gue benar-benar tidak pantas.

Di saat dunia luas pun turut prihatin, wakil rakyat sendiri justru kesannya... Sudahlah, ga ada komentar lagi soal wakil rakyat, biar masyarakat luas saja yang menilai. Mengenai bencana alam yang terjadi bersamaan, itu sungguh membuat saya miris. Menyedihkan rasanya ketika membaca koran. Semua agenda setting tentang bencana-bencana alam.. Sangat sedikit sekali foto indah untuk dipandang, semua foto membuat hati menjerit.

Sebagai rakyat Indonesia, gue sungguh-sungguh berterimakasih atas kepedulian orang asing terhadap kita. Indonesia sungguh beruntung dikasihi negara-negara tetangga seperti Korea Utara dan Amerika yang menyatakan siap membantu Indonesia. Terima kasih untuk masyarakat dunia yang turut berempati atas musibah di negeri ini.

Untuk saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air, sudah cukup kita membuat berita-berita yang justru mencoreng nama baik negara seperti demonstrasi anarkis, komentar-komentar pedas saja di berbagai media dan tindakan yang NATO (No Action Talk Only). Mari kita bangkit.. Sudah cukup berita buruk tentang bencana-bencana yang ada saja, jangan menghasilkan berita buruk lagi. Lebih baik kita berkarya positif dan memusatkan perhatian pada saudara-saudara kita yang sedang tertimpa bencana.

Terlebih lagi, hari ini adalah Hari Sumpah Pemuda. Ayo bangkit menjadi pemuda-pemudi Indonesia yang berguna bagi Nusa dan bangsa! =)



Let's #prayforindonesia

No comments: