Sunday 29 April 2012

Tips Mencari Kost yang Tepat


Anak kost! Begitulah kami disebut. Umumnya orang kost karena alasan kuliah dan bekerja. Setelah kost, kehidupan seseorang akan tertuju kepada satu kata, yaitu MANDIRI.

Bagaimana mencari kost yang tepat? Inilah tips yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman saya:
1.     Tentukan lokasi yang strategis. Lokasi tentunya harus memenuhi sifat dekat dengan kampus atau kantor kita bekerja, dan memiliki akses yang mudah dalam mencari makan. Ingat, sebagai anak kost akan sangat-sangat sering makan di luar, bahkan terlampau sering. Maka carilah yang memiliki akses makanan yang dekat.
2.     Perhatikan lingkungan sekitar. Perhatikan akses gang dan sekitarnya, apakah terlihat aman atau justru sering berada orang-orang yang terlihat mencurigakan.
3.     Untuk cewe, disarankan untuk mencari tempat kost yang isinya adalah cewe semua. Hal ini akan membuat kita merasa lebih nyaman. Cewe cenderung memiliki perasaan tidak aman bila tinggal dengan cowo yang tidak dikenalnya dalam satu rumah kost.
4.     Perhatikan suasana dalam kost. Apakah terlalu banyak aturan yang diletakkan dan berlebihan seperti “Harap silent HP anda!”
5.     Bila anda adalah seorang mahasiswa/mahasiswi, carilah kosan yang memang banyak anak kuliahnya. Ada perbedaan antara anak kuliah dan para karyawan. Pada umumnya, anak kuliah memiliki sifat yang rame, seringkali mengundang teman-teman bermain ke kamar kost mereka, tertawa dan bercerita heboh, sementara para karyawan membutuhkan suatu kamar kost yang nyaman, yang memungkinkan mereka beristirahat dengan tentram, sehingga agak terganggu dengan kebisingan mereka yang masih kuliah.
6.     Mampirlah ke suatu warung terdekat dan tanyakan gosip-gosip seputar lingkungan kos tersebut, seperti apakah kos tersebut pernah kebanjiran, atau apakah pernah terjadi suatu tindak criminal di lingkungan tersebut.
7.     Sebelum kost, harap baca aturan main dari pemilik kost dengan sangat teliti. Hal ini penting karena kerap kali menyangkut uang, yaitu denda bila kita lalai dan melanggar peraturan kost.
8.     Perhatikan si penjaga kost, galak, angkuh, atau justru hangat. Tinggal di lingkungan kost yang hangat dan bersahabat sangat penting bagi kita.
9.     Tanyakan mengenai sistem pencucian pakaian dan toleransi. Ada kost yang sangat ketat memberikan aturan dalam satu hari hanya boleh 2 potong pakaian, namun ada juga yang masih mentolerir 3 potong atau lebih.
10.  Sesuaikan dengan budget bulanan. Bila merasa kemahalan, tetap cari, pasti ada yang cocok dengan selera dan isi kantong kita.
11.  Siapkan waktu dan tenaga untukm mencari kost yang tepat. Luangkan waktu yang fleksibel dalam satu hari itu, pusatkan konsentrasi dengan mencari kost. Untuk wanita, disarankan mengikat rambut, pakai pakaian yang nyaman dan isi tas tidak banyak, karena akan lebih banyak jalan dari satu rumah ke rumah lainnya, bertanya, bahkan melihat-lihat isi kamar tersebut.
12.  Periksa dan Tanya dengan teliti semua fasilitas kost yang ditawarkan. Sebagai calon penghuni kost, kita memiliki hak untuk menanyakannya dengan detail.
13.  Cari tahu mengenai kepribadian si pemilik kost. Untuk hal ini, ada baiknya kita mencari tahu dari penghuni kost tersebut dan warung sekitar. Contoh yang paling mendasar untuk diketahui mengenai pemilik kost tersebut adalah apakah si pemilik kost peduli dengan aspirasi penghuni kost, perhitungan, reseh, dll.
14.  Siapkan HP dengan baterai full. Bila kita tertarik dengan satu kamar kost, kita bisa minta ijin untuk mengambil foto tersebut dan mencatat alamat dan nomor rumah, fasilitas, tariff, dll. Hal ini dimaksudkan supaya ketika kita memutuskan untuk berhenti berpetualang mencari kamar kost yang tepat, kita teringat dengan satu kamar yang dirasa paling cocok. Dokumentasi foto beserta informasi yang ada di HP tersebut akan sangat membantu kita.
15.  Banyak rumah kost yang tidak memasang informasi bahwa rumah tersebut menerima anak kost. Hal ini disebabkan beberapa pemilik kost menghindari pajak kost dan banyaknya orang yang berpura-pura dalam mencari kost namun ternyata hanya mengintai untuk melakukan kejahatan seperti pencurian. Oleh karena itu, perhatikan rumah-rumah yang ada dan jangan ragu untuk bertanya apakah rumah tersebut menerima anak kost atau tidak.

No comments: