Friday 13 August 2010

Ibu Kota Indonesia Dipindahkan???

Akhir-akhir ini banyak media yang menyorot tentang kemacetan di Jakarta yang semakin hari semakin parah aja. Pemberitaan ini menimbulkan wacana dan pro konrta dari masyarakat agar Ibu Kota Indonesia dipindahin aja.

Kalian setuju ngga Ibu Kota Indonesia dipindahin? Kalau saya... SETUJU! =)


Berikut alasan saya menyetujui wacana tersebut:

1. Jakarta uda mumet banget. Pulang pergi kerja atau kuliah aja uda ngabisin energi banyak gara2 macet. belum lagi pemusatan aktivitas di Jakarta membuat semakin banyak orang yang migrasi ke Jakarta. Makin taon makin padat euy!

2. Pemusatan semua aktivitas di Jakarta. Pantas kan kalo daerah2 di Indonesia jauh tertinggal. Mending dipindahin aja deh biar pembangunannya bisa merata.

3. Tata kotanya uda berantakan banget. Belum lagi banyak orang2 bermigrasi ke Jakarta tanpa adanya tempat tinggal dan pekerjaan tetap sehingga menyebabkan bangunan-bangunan liar dimana-mana dan tindakan kriminalitas di Jakarta tinggi.

4. Semua orang berpusat berkumpul di Jakarta untuk bekerja, pendidikan, bisnis, dll. Orang-orang dari berbagai penjuru daerah berdatangan dan berkumpul di Jakarta. Pemerintah juga tidak bisa melakukan pembangunan yang merata. Akibatnya, semua pusat ekonomi dan Pemerintahan berpusat di Jakarta. Kasian yang daerah2.. =(

5. tiap ada tanah kosong dibangun lagi Mall, dibangun lagi perkantoran, dibangun lagi perumahan.. Lahan kosong untuk penyerapan uda ngga ada. Akibatnya, banjir itu hal yang biasa di Jakarta. So bad =(


Kalimantan Tengah merupakan kandidat Ibu Kota Indonesia yang dianggap tepat. Mengapa?

1.
Luas Kalimantan 540.000 km2 dengan jumlah penduduk hanya 12 juta jiwa. Pulau Kalimantan jauh lebih luas dibanding pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi, namun jumlah penduduknya justru paling sedikit.

2.
Pulau Kalimantan dianggap aman dari bencana alam seperti letusan gunung berapi, gempa dan tsunami. Kalimantan tidak memiliki gunung berapi dan merupakan pulau yang teraman dari gempa. Sementara di pesisir Kalimantan Tengah yang berbatasan dengan Laut Jawa juga ombak relatif tenang dan aman dari Tsunami.


Kenapa harus ragu untuk memindahkan Ibu Kota Indonesia? Beberapa negara yang sudah memindahkan ibu kotanya:

1. Amerika Serikat,
dari New York ke Philadelphia lalu ke Wahington DC
2. Brazil, dari Rio de Janeiro ke Brasilia
3. Kazakhstan, dari Almaty / Alma Ata ke kota Astana
4. Turki, dari Istanbul ke Ankara




No comments: