Wednesday 18 May 2011

Antara Masa Lalu, Saat Ini, dan Masa Depan


Ada kalanya kenangan itu harus dikubur..
Kadang kita menangis untuk sesuatu yang indah, suatu kenangan di masa lalu. Kita menangisinya karena kita tau itu adalah kenangan indah yang mungkin tidak akan bisa terulang lagi. Saking indahnya, kita tidak lagi tersenyum, melainkan menangis.
Kenangan indah di masa lalu tidak selamanya indah. Ada kalanya kita harus menguburnya dalam-dalam karena akhirnya kita sadar bahwa kenangan itu justru mengganggu hidup kita saat ini, bahkan juga berpotensi mengganggu masa depan kita.
Ada yang datang, ada yang pergi.. Ada yang harus dipertahankan, namun ada juga yang harus dilepas, bahkan dilupakan. Hanya ada tiga masa dalam hidup, yaitu masa lalu, saat ini, dan masa depan. Mana yang lebih penting?
Hidup terlalu singkat untuk mengenang masa lalu yang menjatuhkan masa depan kita. Sehancur-hancurnya masa lalu, selama Tuhan masih memberikan nafas hidup kepada kita, gue percaya kalau Tuhan masih mengijinkan kita memiliki pengharapan di masa depan.
Masa lalu biarlah berlalu. Yang terpenting saat ini adalah menjalani hidup yang ada hari ini dan berharap untuk masa depan. Hidup layaknya hari ini adalah hari terakhir kita hidup. Melakukan semuanya dengan lebih baik dengan belajar dari masa lalu. Do your best and let God do the rest.

No comments: