Thursday 26 May 2011

Saya LULUS! Horayyyy =D


Persiapan Sebelum Sidang




My Name Officially Become: Felicia, S.I.Kom

Sidang Bersama Christina Angela Oey, teman sekelas

Bersama Dosen Pembimbing, Bapak Edhy Aruman, M.Si
Rabu, 25 Mei 2011
Hari ini adalah moment bersejarah dalam hidup gue, merupakan hari penentuan kuliah S1 gue selama 4 tahun. Ya, hari ini adalah hari sidang skripsi =D
Rasanya harap-harap cemas, takut banget dapat pertanyaan yang sulit atau gue ga bisa jawab. Gue adalah peserta kedua, dan ketika peserta pertama masuk, barulah jantung gue deg-degan rasanya. Menjelang saat-saat kritis begitu, rasanya gue mau (maaf) boker. Hahaha…
Peserta pertama masuk dan keluar dengan berkata bahwa dia diajukan pertanyaan seputar teori oleh Professor DR. Yuwana, Waduh, matilahhh…. Meskipun begitu, gue tenang karena panelis hari ini baik-baik, yaitu Prof DR. Yuwana, Mam Elke Alexandrina, Bapak Edhy Aruman (dosen pembimbing gue) dan moderatornya adalah Mam Agnes Amelia. Wah, bersyukur bangetttt….
Tibalah saatnya gue sidang. Ketika sudah di dalam, gue ada waktu untuk menenangkan diri sambil menunggu kehadiran Professor selaku Chairman sidang hari itu. Puji Tuhan gue bias mempresentasikan hasil skripsi gue dengan lancar, meski terkadang belibet ngomongnya.
JRENG! Tiba saatnya sesi pertanyaan dan gue agak kesulitan dalam menjawab pertanyaan Professor. Tapi, Puji Tuhan banget Profesor Yuwana baik hati =D
Setelah sesi tanya jawab selesai, gue dipersilakan keluar sebentar, sekitar 5-10 menit gitu, agar panelis dapat berdiskusi. Akhirnya gue dipanggil lagi masuk ke dalam ruang sidang untuk menerima hasil sidang. Waduh, deg-degan deh.. Muka senyum tapi senyum harap-harap cemas. Professor bertanya apa gue siap mendengar hasil sidang tersebut dan menerima segala hasilnya, meski hasil terburuk pun? Waduhhh… Gue jawab “siap Prof”, namun dengan senyum harap-harap cemas. Akhirnya, GUE DINYATAKAN LULUS =D
Mau tau ekspresi gue? Muka gue bengong karena masih shock. Mungkin ekspresi wajah gue membingungkan Professor kali yaa.. Masa dinyatakan lulus tapi bengong gitu. Hehehe.. Sampai-sampai Professor bertanya apa gue senang mendengar hasilnya? Akhirnya gue sadar dan jawab, “Senang, Prof”

Barulah saat itu senyum bahagia menghampiri wajah gue, dan gue ngga bisa tahan air mata gue. Gue terharuuu… Huaaaa!!!! SAYA LULUS!!! Hahaha…
Gue sampe disuruh salamin Professor dan panelis lainnya saking masih bengongnya di depan.. Malu juga sih ga bisa menahan rasa terharu itu sampai-sampai gue menitikkan air mata bahagia di depan mereka, gue cuma bias bilang terima kasih berkali-kali dan minta maaf kalo gue ngga bisa menahan air mata bahagia saking terharunya.
Panelisnya baik hati semua, dan mereka berpesan kalau bisa lanjutin kuliah ke S2 dan S3. Gue menyadari untuk sidang S2 nanti, gue harus banyak-banyak belajar dan membaca lagi. Untuk S3, belum ada kepikiran sampai sana. Hehehe…
Above all things, terima kasih Tuhan Yesus uda ngabulin doaku, terima kasih buat Papi dan Mami, keluarga, teman-teman, dan relasi yang tidak dapat disebutkan namanya satu-persatu dalam mendukung gue. Akhirnya nama gue menjadi Felicia, S.I.Kom.
Perjuangan masih panjang, S2 juga harus kelar hingga nama berubah lagi jadi Felicia, M.I.Kom. Tetap semangat dan terus belajar =D
Buat teman-teman yang mau sidang skripsi, tetap semangat yaa.. Kuasai isi skripsi kalian. Buat gue, gue paling sulit menguasai teori karena jujur gue ngga suka baca-baca teori. Hahaha… Tetap semangat, kalau uda masuk ruang sidang, awali dengan berdoa dan tarik nafas dulu lalu hembuskan. Rasanya ngga setegang yang dibayangkan kok, lebih tegang pas sesi tanya jawabnya, terlebih saat pertanyaan itu dirasa sulit atau jawaban yang kalian berikan tidak mampu memuaskan panelis.
Intinya, persiapkan diri secara matang, tetap mengendalikan diri (jangan terlampau grogi), percaya diri, dan di sesi Tanya jawab, jawab semampu kalian. Jangan asal jawab atau sok tau, lebih baik jawab berdasarkan teori yang ada. Apabila pertanyaan tersebut tidak mampu dijawab, berkatalah terus terang seperti, “Maaf Prof saya kurnag mengerti jawabannya, mungkin ada masukan dari Prof untuk perbaikan skripsi saya”
Sekian teman-teman, semoga sidang kalian sukses! =D

No comments: