Thursday 25 November 2010

Hari Guru Nasional


25 November 2010





25 November 2010 diperingati sebagai Hari Guru Nasional di Indonesia. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Mari menilik rahasia umum di Indonesia. Banyak guru, khususnya guru honorer, berpenghasilan rendah padahal masa depan bangsa ada di tangan mereka. Mereka lah yang mendidik generasi-generasi muda Indonesia agar menjadi pintar, cerdas, dan kelak berguna bagi nusa dan bangsa. Sudah seharusnya mereka hidup makmur dengan salah satu indikatornya adalah gaji yang memadai.


Suatu rahasia umum pula bila banyak guru yang kesulitan dalam mencukupi kebutuhan rumah tangganya dan menyekolahkan anak kandung mereka. Merek benar-benar pahlawan tanpa tanda jasa dan pekerjaan mereka sungguh mulia. Mereka mendidik kita sementara banyak dari mereka yang kesulitan untuk mendidik anak mereka hingga perguruan tinggi.


Saya sangat sedih dengan komentar orang yang merendahkan profesi guru. Memang betul banyak guru yang tidak memiliki kualitas yang memadai baik dari segi pengetahuan, cara mengajar, bahkan dari segi chemistry terhadap murid (ditambah lagi persepsi masyarakat bahwa guru itu tidak mungkin bisa kaya), namun bukan berarti harus diremehkan bukan? Lebih baik kita mendorong kesadaran Pemerintah untuk memberikan kesejahteraan yang selayaknya untuk para pahlawan nasional ini, nukannya mencibir. Bagaimana pun, diri Anda sekarang dan kesuksesan Anda yang sekarang Anda rengkuh tidak terlepas dari peran mulia guru.


Bapak Ibu Guru-ku dimana pun kalian berada, terima kasih sudah mendidik aku dengan sabar. Terima kasih sudah memberikan pengetahuan kalian kepadaku dan teman-temanku. Aku berdoa agar kalian tetap semangat dalam menjalankan profesi mulia kalian. Kelak aku sukses, semua berkat kalian, berkat didikan kalian. Selamat Hari Guru Nasional =)

No comments: