Wednesday 16 November 2011

Lima Tipe Kulit Wajah



Setiap manusia dilahirkan dengan tipe kulit wajah yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh gen keturunan, hormon, dan aktivitas sehari-hari. Berikut adalah tipe kulit wajah. Dengan mengetahui tipe kulit wajah yang dimiliki, maka kita akan semakin mengenal perawatan kulit yang cocok untuk wajah kita.

  1. Kulit Normal
Tipe kulit wajah ini adalah idaman setiap orang karena kelembapannya cukup, dalam artian kadar minyak di wajah tidak kurang dan tidak berlebihan alias berminyak. Tipe kulit ini juga tidak rewel, karena bila terkena make up dan paparan sinar matahari tidak menimbulkan masalah berarti. Perawatan wajah yang digunakan tentunya yang bertuliskan untuk kulit normal.

  1. Kulit Berminyak
Jenis kulit ini mudah sekali terlihat kusam dan mudah berjerawat. Kadar minyak yang ada di kulit ini umumnya dikarenakan faktor gen dan hormon. Mereka yang memiliki jenis kulit seperti ini disarankan untuk menggunakan produk perawatan wajah untuk kulit berminyak (oil free) dengan tujuan untuk mengontrol kadar minyak yang ada. Selain itu, kebersihan kulit juga harus dirawat, hindari dari debu yang dapat memperparah kulit menjadi sarang bertumbuhnya jerawat serta panas matahari yang berlebihan. Kertas minyak untuk kulit dapat membantu mereka dalam beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, make up yang digunakan sebaiknya tidak yang berat seperti foundation, karena foundation akan menutup pori-pori wajah sehingga wajah lebih mudah berjerawat.

  1. Kulit Kering
Kulit kering dapat juga disebabkan oleh pengaruh iklim di sekitar. Bertolak belakang dari jenis kulit berminyak, pemilik kulit jenis ini memiliki kadar minyak yang sedikit. Kulit kering harus dirawat secara lembut, dan sangat tidak disarankan untuk menggosok kulit terlalu keras saat sedang membersihkan wajah untuk menghindari iritasi kulit. Pemakaian krim secara teratur juga disarankan untuk menjaga kelembapan kulit.

  1. Kulit Kombinasi
Kulit kombinasi terlihat dari area T Zone (kening dan hidung) yang terlihat berminyak sementara area lainnya merupakan kulit normal atau kulit kering. Oleh karena itu, disarankan penggunaan produk perawatan yang tepat untuk T zone area tersebut. Penggunaan kertas minyak untuk wajah cukup mampu mengontrol minyak di area tersebut kala beraktivitas di luar ruangan.

  1. Kulit Sensitif
Jenis kulit ini peka terhadap perubahan cuaca, make up dan makanan. Oleh karena itu, mereka yang memiliki kulit sensitif harus menjaga dirinya sendiri dari perubahan cuaca yang tidak menentu, penggunaan make up serta makanan yang dapat menimbulkan wajahnya memerah bahkan membengkak. Mereka sebaiknya menggunakan produk hypoallergenic yang tidak memiliki aroma wewangian. Kulit sensitif juga alergi terhadap penggunaan air hangat saat mencuci muka. Penggunaan krim yang tepat untuk kulit sensitif disarankan untuk digunakan secara teratur.

No comments: