Thursday 24 November 2011

Solusi Menghindari Pelecehan Seksual di Busway


Saya baru saja membaca artikel menarik di detik.com mengenai solusi untuk mengurangi pelecehan yang ada di busway. Artikelnya memang bagus, begitu pula solusinya. Solusi tersebut harus dilakukan oleh Pemerintah. Bagaimana dengan solusi yang harus ditempuh penumpang perempuan?

Maraknya pelecehan seksual yang dilakukan para lelaki hidung belang kepada kaum perempuan di busway memang sangat disayangkan. Problema ini sering kali kita dengar bahkan beberapa diantaranya ada yang menjadi berita di media massa, baik media konvensional maupun media elektronik.

Hal ini bukan lagi hal yang baru. Kalau boleh jujur, banyak wanita merasa dilecehkan kala mengantri busway maupun saat sedang berada di busway. Mereka yang berani membela hak kenyamanan mereka tentu saja berontak dengan keras, hingga akhirnya terekspos oleh media. Tak jarang, keberanian mereka mendapat acungan jempol dari orang-orang sekitar.

Disini saya mau share sedikit mengenai cara menghindari pelecehan berdasarkan pengalaman saya naik busway selama bertahun-tahun:
  1. Pakai baju yang tertutup dan jangan terlalu ketat.
  2. Kalau antrian sangat padat dan kita tidak sedang terburu-buru, ada baiknya menunggu sebentar untuk menghindari aksi dempet-dempetan saat antri.
  3. Bawa tas yang besar. Ini berguna untuk menutupi daerah dada saat mengantri dan letakkan di paha saat duduk di dalam busway. Kalau orang di samping kita cowo mesum, dia suka curi-curi kesempatan untuk dempetin pahanya ke paha kita.
  4. Jangan terlalu akrab sama orang yang baru kita kenal. Bersikap biasa-biasa saja. Pengalaman dari teman, dia diikuti seorang cowo yang berniat mesum sama dia.
  5. Yang terutama, kamu harus jadi cewe yang berani! Ketika kita rasa seorang cowo curi-curi kesempatan untuk nempel-nempel dengan kita (ini kesengajaan yang dipoles seolah-olah tidak sengaja), katakan secara tegas untuk menjaga jarak. Jangan takut.
  6. Ketika dirasa ada seseorang yang memang mesumnya sudah keterlaluan (contoh: nempelin “barang”-nya ke pantat atau tangannya dilipat untuk curi-curi kesempatan sentuh dada kita), dan dikasih tau pun tidak bisa, katakan kepada petugas busway.
  7. Sekedar saran aneh, siapin high heels atau parfum untuk perlindungan ganda. Hahaha..
Sekian tips dari saya. Bila ada yang punya tips lain, silahkan share di kolom komentar

No comments: